Selasa, 30 Mei 2017

TUBERCULOSIS ITU PENYAKIT YANG COOL


TUBERCULOSIS ITU PENYAKIT YANG COOL


Kenapa aku bilang cool? Soalnya TB itu menular, dan penularannya tidak terlihat. Tau-tau kenaa aja.. *nangudzubillahhhhhhTB itu menular lewat udara dan tumbuh subur dalam sistem kekebalan yang lemah. Ketika penderita batuk paru-paru, bersin, tertawa, meludah atau menyanyi, mereka bisa mendorong kuman TBC ke udara. Seseorang itu bisa tertular TB hanya dengan menghirup udara yang mengandung beberapa bakteri TB. Siyangarr kannnn… Mana kita butuh bernapas dimanapun, ndak tau udaranya bebas TB atau kagak, mana bakterinya cuiliiikkkk, ndak keliatannn pulakkk...

Apa yang terjadi kalau kamu menghirup udara yang mengandung bakteri TB? Kemungkinannya :
  1. Tidak terlular, karena tubuh yang 100% fit maka akan mampu membunuh bakteri tersebut.
  2. Dia tertular dan langsung aktif, artinya bakteri berkembang biak , memperluas infeksi paru-paru, dan menularkan ke orang lain.
  3. Bakterinya masuk, dan tidur dalam paru-paru. Ketika tubuh tidak benar-benar fit, maka bakteri yang masuk, tidak akan sepenuhnya mati, tetapi bakteri tersebut tidur. Suatu saat orang tersebut kondisinya drop, maka bakteri tersebut ‘melek’ dan berkembang biak dan seterusnya.


Jadi jika sekitar kalian ada yang sakit TB, jangan disalahkan ,jangan dijauhi, benerannn.. Ketika penderita TB sudah mau jujur kalo terinfeksi TB dan dalam masa pengobatan. Maka mereka kudu di support, alasannya:
  1. Sebenarnya setiap orang punya hak diam, jika penderita Tb itu diam dan tetap menularkan, mati kauuu, kena TB semua. Nangudzubillah.
  2. Sangat mungkin, orang disekitar mereka itu sebenarnya terpapar bakteri TB yang sama, tapi bakteri dalam tubuhnya, aktif duluan karena badannya kurang fit. Itu artinya dia itu seperti alarm bahwa bakteri TB ada disekitar mereka, sehingga teman-temannya bisa lebih berusaha menjaga pola hidup, agar tubuh tetap fit. Jadi kalaupun sudah terpapar, maka bakterinya akan tetap tertidur dan tidak aktif, karena besar kemungkinan mereka sudah terpapar bakteri yang sama.


Aku selalu berdoa agar teman-temanku tidak kena TB aktif seperti aku, aku tidak akan cerita bagaimana aku terkena TB, tau tau ya kena aja, cool kan.. hahahaha. Aku terinfeksi TB dan menjadi aktif itu seperti ‘jackpot’. Walau aku masih belajar main kartu eh.. hahaha



Sumber:

Artikel sebelumnya : POSITIF TERJANGKIT TB

Artikel selanjutnya : EFEK OBAT ANTI TUBERKULOSIS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar